Membentuk Jiwa Pemimpin dengan Berpramuka

Membentuk Jiwa Pemimpin dengan Berpramuka
Oleh : Moch. Teguh C.P.

Pramuka kini menjadi salah satu ektrakurikuler yang wajib diikuti oleh siswa-siswi khusunya kelas X. Pramuka dianggap penting karena didalamnya terdapat nilai-nilai yang sangat positif dan sangat penting untuk membentuk karakter disiplin serta melatih jiwa pemimpin dan hidup mandiri. Termasuk pada salah satu sekolah ternama di Bojonegoro, yakni SMA Negeri 4 Bojonegoro yang kemarin pada tanggal 6 s.d. 8 September 2019 telah sukses dengan acara Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) tahun 2019 yang diikuti oleh 375 peserta yang terdiri dari seluruh kelas X dan beberapa panitia dari kelas XI serta di bantu dari beberapa kolega seperti OSIS, PMR, Palase, dan Band.
            Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini bertempat di Bumi Perkemahan Sendang Lanjar Desa Maibit Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi  SMA Negeri 4 Bojonegoro dapat hidup mandiri serta memiliki jiwa pemimpin yang kelak akan menjadi bekal untuk mereka hidup di masyarakat. Selain perkemahan kegiatan ini juga dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Gugus SMA Negeri 4 Bojonegoro yang secara resmi telah dilantik oleh Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Bojonegoro.
Kegiatan ini diawali dengan pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Gugus dilanjut dengan upacara pembukaan perkemahan ditambah dengan gemerlap ratusan lampion yang terbang menghiasi malam serta di hibur oleh tampilan band dari SMA Negeri 4 Bojonegoro. Kegiatan jelajah alam dan outbond juga menjadi kegiatan yang ikut mewarnai perkemahan tahun ini. Pada malam harinya seluruh peserta di hibur dengan pentas sejut aksi dan di tutup dengan api unggun.
            Dalam sambutan Kepala Sekolah, Dra. Wiwik Widowati, M.Pd. yang sekaligus manjadi Kamabigus menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini kelak Siswa-Siswi bisa hidup mandiri dan menjadi pemimpin serta berguna untuk masyarakat, agama, nusa, dan bangsa. “Saya berharap dan yakin bahwa dengan berpramuka kelak kalian akan menjadi pemimpin-pemimpin yang hebat”, Ujar Ibu Kepala Sekolah yang sangat merakyat tersebut. Wiwik juga menambahkan bahwa Siswa-Siswi diharapkan dapat aktif mengikuti latihan pramuka yang dilaksanakan setiap hari Jumat.
            Kegiatan ini membuat Siswa-Siswi khususnya kelas X merasa gembira dan berharap ada kegiatan-kegiatan sepeti ini lagi. Ini dibuktikan ketika upacara perpisahan banyak dari peserta yang menangis harus mengakhiri kebersamaan dalam kegiatan perkemahan ini. “Saya ingin perkemahan ini bisa berjalan lebih lama, sehingga saya bisa merasakan hangatnya kebersamaan bersama teman-teman”, ujar salah satu peserta.
            Kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang sangat dirindukan oleh Siswa-Siswi. Semoga dengan perkemahan ini dapat terjalin kebersamaan yang erat baik antar teman ataupun dengan kakak kelas, sehingga menjadikan pramuka SMA Negeri 4 Bojonegoro lebih kompak, solid, dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *