Serunya magang di SMPN 2 Bojonegoro


Pramuka merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Sedangkan Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organsasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepaduan yang dilaksanakan di Indonesia. Gerakan Pramuka adalah sebuah wadah sebagai pengembangan diri seluruh anggota pramuka. Sebagai tempat pengembangan diri anggota pramuka harus mendapatkan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendidik
      Pada tahun ajaran 2017/2018 program kerja pramuka SMA Negeri 1 bojonegoro salah satunya adalah mengajar kepramukaan di sekolah lain, jadi setiap siswa harus magang untuk memenuhi nilai rapor, selain itu kami mengajar kepramukaan yang telah kami ketahui untuk membangun siswa dapat mencintai pramuka. Kami dari kelas XI-3 mendapat sekolah SMP Negeri 2 Bojonegoro.
      Sebab pramuka adalah tempat menjalankan aktivitas bagi anggota pramuka. Hal ini berdasarkan pada Program Pemerintah khususnya Pendidikan Luar Sekolah. Pramuka juga sekaligus merupakan pendidikan non formal.
      Pada dasarnya Gerakan Pramuka dalam pelaksanaannya menggunakan Prinsip Dasar Metodik Kepramukaan. Gugus Depan sebagai ujung tombak tempat pembinaan jati diri anggota pramuka merupakan kegiatan yang dapat dipertanggung jawabkan.
      Kegiatan pramuka juga harus memiliki nilai pendidikan sehingga kegiatannya harus terencana. Dipersiapkan secara matang dan bisa dilaksanakan dan dapat dinilai baik itu dari segi pendidikan maupun kejiwaan.
      Kegiatan ini kami laksanakan tanggal 04 dan 11 November 2017, pukul 13:30 sampai 16:00, di lapangan SDN Kadipaten 3 Bojonegoro. Pada pertemuan pertama, kami melakukan apel pembukaan terlebih dahulu. Kemudian, kami melakukan perkenalan kepada siswa-siswi SMP Negeri 2 Bojonegoro. Setelah melakukan perkenalan, kami melakukan pbb. Pbb ini merupakan kegiatan wajib siswa-siswi SMP Negeri 2 Bojonegoro. Setelah pbb kami pindah ke lobby karena sedang hujan. Disana kami mengajarkan yel-yel. Setelah itu, kami membentuk regu kemudian membuat yel-yel regu tersebut. Pada pertemuan selanjutnya kami mengajarkan pramuka. Adik – adik dapat memahaminya dengan mudah, karena kami memberikan contoh-contoh dan penjelasan yang lengkapsemua memperhatikan dengan baik.
      Manfaat dari kegiatan ini, kami mendapat pengalaman mengajar siswa-siswi SMP Negeri 2 Bojonegoro, menambah wawasan tentang pramuka, melatih bersosialisasi dengan orang lain, melatih keberanian dan percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *