Pembelajaran dalam Permainan di Pramuka

Bojonegoro – Dalam kegiatan berpramuka terutama teknis pemberian materi dalam golongan siaga, kita harus dapat memperhatikan dan mampu mengondisikan anatara penyampaian materi, permainan dan juga perhatian khusus yang harus diterima adik-adik siaga sebagai peserta didik. Kreasi pembelajaran outdoor atau di luar ruangan juga merupakan salah satu jenis pembelajaran menarik karena kita dapat berinteraksi langsung dengan alam. Dibandingkan dengan kegiatan di dalam ruangan, pembelajaran outdoor lebih dapat mengena pada sasaran karena sistem dan juga suasana yang mendukung. Berbagai materi dan bahan pembelajaran sebaiknya dikemas dalam suatu kegiatan yang menarik pula.

Pesta Siaga Kwartir Ranting Kasiman Tahun 2017

Tak hanya bagi golongan siaga, sistem ini tentunya harus dikembangkan untuk golongan penggalang dan penegak dalam pembelajaran pramuka. Materi yang akan disampaikan harus disusun sedemikian rupa menjadi hal baru yang menarik dan tidak membosankan. Seperti contoh dalam materi semaphore kita bisa mengkreasikannya dengan gerak dan lagu. Kegiatan pembelajaran yang seperti ini akan dirasa hal baru karena menarik perhatian dan tidak membosankan. Sambil menghafal gerak dan kunci semaphore kita juga bisa sedikit-dikit bergoyang. Bukan hal yang salah jika hal ini dilakukan, mengingat minat generasi muda saat ini yang minim dalam kegiatan berorganisasi. Kebanyakan lebih memilih berdiam diri di rumah dengan smartphone maupun tablet yang dimilikinya. Aktifitas-aktifitas sosial bahkan hampir saja hilang dalam kehidupan bermasyarakat saat ini. Untuk itulah diperlukan metode juga kreasi baru dalam kegiatan pembelajaran terutama lingkup kepramukaan.

Di Kwartir Ranting Kasiman, adik-adik siaga mulai dikenalkan dengan alam. Pembelajaran siaga memang berbeda dengan penggalang, apalagi penegak. Akan tetapi minat dan semangat adik-adik siaga dapat bertambah dan bahkan kita nantinya juga akan mengetahui pribadi juga ide-ide kreatif lainnya yang unik jika kita melakukan hal baru. Seperti halnya dalam melatih sikap kebersamaan, kita bisa mengaplikasikannya dengan kegiatan seperti game-game yang memacu kekompakan dan kerja sama. Bahkan segala materi kepramukaan sebenarnya bisa dikemas dalam permaian sehingga akan menambah minat dan semangat adik-adik kita dalam berpramuka.
Segala kegiatan dan materi, meski dikemas dalam permainan kita juga harus menjelaskan maksud dan tujuan pembelajaran serta permainan yang dimainkan. Hal ini akan lebih dapat dengan mudah diterima dengan baik karena mereka dalam keadaan sadar dan semangat yang tinggi. Untuk permainan-permainan tradisional ternyata memiliki filosofi khusus dan bahkan mengandung nilai-nilai moral yang begitu banyak. Mengapa tidak kita coba dengan mengaplikasikan materi dengan permainan tradisional? Hal yang baru akan membuat kita merasa lebih terbuka. Cobalah untuk selalu berfikir keluar, lihatlah sekeliling kita dan manfaatkan lah apa yang ada di sekitar kita. Pramuka mengajarkan segalanya. Pramuka adalah wadah pendidikan bagi generasi muda. Pramuka mencetak karakter yang dibutuhkan nusa dan bangsa. Jadilah seorang Pramuka untuk Indonesia. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia.(Kak Afid/Kasiman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *